Sabtu, 08 Oktober 2011

jurnalistik

                Pada hari sabtu, tanggal 1 Oktober 2011 saya rina zulistin, kartika, fatimah ega dan muh aly sa’id mengikuti pelatihan atau seminar tentang  jurnalistik di ruang seminar Pdt. Harun , lantai III Gedung Hagios UKDW Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 5-25 Yogyakarta. Dan saat itu pembicara oleh Bpk YB Margantoro (redaktur senior harian Bernas Jogja). Dari beliaulah saya mendapatkan beberapa ilmu tentang  jurnalistik. Dan inilah sedikit ringkasan materi yang telah disampaikan beliau…..
RAHASIA SUKSES MEMBUAT BERITA BAGI WARTAWAN

 
Bicara sukses        :               bicara sebuah strategi proses dan hasil
Strategi                  :               cara untuk mencapai suatu tujuan.
Proses                    :               sebuah perjalan harus dijalani suka tidak suka
Hasil                       :               pencapaian yang diharapkan
Membuat berita    :               tugas utama wartawan yang organic di media public
1.                    Strategi pertama
Wartawan harus sering membaca, tujuannya untuk memperoleh ide !!
2.                    Strategi kedua
Terjun kelapangan/ observasi
                Wartawan harus punya skeptic         : tidak mudah percaya
                Dilapangan kemampuan jurnalistik dan indrawi wartawan diuji.
3.                    Strategi ketiga
Wartawan melihat ada momentum, news peg (centelan berita) apa yang dapat dimanfaatkan untuk membuat berita pada hari itu.
Cat          :               wartawan mencari waktu jangan pada waktu itu tapi beberapa sebelum hari H itu.
4.                     Strategi keempat
Banyak peristiwa yang terjadi diluar kota, luar daerah atau bahkan diluar negeri dapat “dilokalkan” ditempat wartawan berada
Komitmen              :               rasa memiliki dan rasa sikap pembela
Kompetensi           :               kemampuan
Konstitensi           :               konsisten
Dalam jurnalistik pengembangan berita yang dianggap menarik dan penting diketahui masyarakat banyak adalah follow up news
5.                         Strategi kelima
Bila ada berita yang memiliki kelayakan atau news value yang tertinggi, dan secara marketing diharapkan dapat mendongkrak eceran Koran maka berita itu bisa di blow up new.
*news value          :               besar, penting, dekat, manusiawi, actual, tenar, impek/dampak
*dalam blow up news dimungkinkan disajikan tulisan utama (vertical), pendamping(horizontal) dan arahan petunjuk (intruksional)

6.                            Strategi keenam
Dalam jurnalisme dikenal istilah (tulisan) talking news, yakni berita yang merupakan hasil wawancara khusus dengan narasumber tentang topic tertentu.
*jenis tulisan berita ini bisa berasal dari sebuah pertemuan.

7.                            Strategi ketujuh
Ada kegiatan atau peristiwa yang patut atau perlu diberitakan sebelumnya namanya adalah priview news artinya berita ini menginformasikan akan dilaksanakan

8.                          Strategi kedelapan
Ada kegiatan yang patut diberitakan sesudah peristiwa dimaksud terjadi jenis tulisan ini adlah review news
9.                           Strategi Sembilan
Yang dapat mengirimkan harus organisasi permanen / tidak permanen tapi dengan syarat tertentu
10.                      Sepuluh prinsip menulis
Dalam pemilihan penulisan kalimat rata-rata pendek dan lazim.

Semoga kesepuluh strategi diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman yang telah membacanya. Satu lagi yaitu dari Bpk YB ada pesan untuk kita “ 1 % ide dapat tercipta  99% realisi”

0 komentar:

Posting Komentar